Microsoft Ciptakan Teknologi Fitur Eye-Tracking di Windows 10

Dari sebagian orang terlahir dengan normal, untuk mengerjakan kegiatannya dalam sehari-hari seperti membaca, menulis ataupun mengoperasikan komputer dan lain-lainnya merupakan hal yang biasa. Akan tetapi, akan berbeda dengan adanya beberapa orang yang terlahir tidak normal. Yang membuat mereka membutuhkan sebuah perangkat tambahan dalam kegiatan seharinya.

Di jaman yang sudah canggih ini, yang mana sebuat sistem yang berbasis Android, Windows, MacOS ataupun iOs telah memberikan penawaran fitur aksebilitas yang dapat berguna bagi orang penyandang disabilitas. Dimana fitur tersebut bisa dapat digunakan pada panel settings dalam perangkat tersebut. Yang bertujuan, dalam membantu si pengguna untuk berinterkasi dengan komputer.

Perusahaan teknologi Microsoft sudah meningkatkan fitur aksebilitas yang terdapat pada sistem operasi di Windows 10. Dimana salah satu fitur yang terbaru untuk digunakan oleh orang-orang yang dilahirkan dalam keadaan tidak normal yaitu fitur Eye Control. Dengan adanya fitur itu, memberikan kemudahan bagi pengguna untuk dapat beraktivitas seperti mengetik atau membuka jenis aplikasi yang apapun.

Untuk yang lainnya, hanya dengan memperhatikan di layar komputer saja. Pastinya hal ini akan berguna untuk seseorang yang terlahir secara tidak normal yang berkeinginan mengoperasikan komputer. Manajer Program Windows Intercation Platform, Jake Cohen telah menyatakan sudah banyak melakukan pekerjaan yang luar biasa dalam pengembangkan fitur ini.

virtual reality
virtual reality eye tracking

Pernyataan Cohen Mengenai Peningkatan Fitur di Windows 10

“Saya telah mendengar sebuah kabar yang menyatakan jika tim Ability Eye Gaze tengah mengembangkan alat, llau mereka pun berhasil membuatnya. Saya meras sangat senang, maka kami akan berusaha untuk berpikir agar alat tersebut bisa melakukan dengan lebih lagi di masa depan,” ujar Cohen.

Perkembangan untuk bisa dilakukan Eye Control, Micorsoft telah bekerja sama dengan Tobii Tecnology. Yang mana persuahaan itu memang bergerak pada bidang pelacakan mata. Mereka pun bisa membuat sebuah perangkat sendiri dana menajlin kerja sama dengan perusahaan lain dalam pembuatan perangkat lunak pelacakan mata. Yang dapat digunakan sesuai kebutuhan, seperti game.

Dengan dibuatnya teknologi virtual realty membuat pengguna ataupun user dapat berinterakdi dengan lingkungan yang ada di dunia maya, bersimulasikan dengan komputer. Yang menjadikan pengguna merasakan berada dalam likungan tersebut.

Virtual Reality

virtual-reality
vitual reality eyes dan joystick
  • Kelebihannya Virtual Reality

Pengguna akan mendapatkan pengalaman dengan merasakan sensai dunia nyata, meski berada di dalam dunia maya. Malah, teknologi virtual reality pun sudah kembangkan saat ini yang tidak hanya sekedar melalui indra pengelihatan dan pendengaran saja. Namum, pengguna dapat menggunakan dengan indra lainya, yang memberikan sensasi nyata di dunia maya.

  • Kegunaan Reality

    Media dan Hiburan

Kegunaan pertama dari Virtual Reality merupakan kebutuhan untuk media dan hiburan, bagi kalian yang menyukai games akan mendapatkan pengalaman sendiri yang semakin nyata dalam bermain game.

Medis dan Kedokteran

Dengan adanya perangkat ini dalam bidang kedokteran, dapat mendeskripsikan bagian antonomi pada tubuh. Yang mana organ-organ yang ada di dalam tubuh akan terlihat seperti nyata.

Militer (Perang)

Untuk menggunakan vitual reality ini mampu membantu tentara memberikan simulasi perang. Misalkan, bermain sebuah game yang bernama point blank, dimana pekerjaan sebagai tentara akan mendapatkan sebuah pengalaman tersendiri seperti nyata dan jelas.

Transportasi (Pesawat Komersial dan Pesawat Tempur)

Untuk bisa menerbangkan sebuah pesawat tentunya dibutuhkan latihan, yang tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Dibuatnya virtual reality ini akan memudahkan orang untuk dapat mengikuti latihan menerbangkan pesawat yang tidak mengeluarkan biaya yang besar dalam menyewa pesawat dan juga bahan bakar.

Teknik dan Otomotif (Dalam Desain Mobil)

Virtual reality yang digunakan pada bidang teknik dan otomotif ini, berguna untuk membentuk atau desain mobil. Yang mana di sebuah perusahaan sudah menggunakan teknologi ini, seperti mengembangkan mobilnya yaitu Ford. Bertujuan agar menyimpulkan bagian luar dan dalam pada mobil yang akan dibuat oleh desainer mobil Ford.