Kekurangan dan Kelebihan di Windows 7

Saat ini kita akan membahas kekurang dan kelebihan yang terdapat pada Windows 7, yang merupakan versi dari Windows yang pernah terpopuler. Dan pada akhirnya harus tersalip dengan Windows 10. Pastinya ada alasan tertentu, mengapa OS ini sangat populer, selain menjadi ketergantungan enterprise mengenai produk yang diciptakan oleh Microsoft.

Banyaknya pendapat dari berbagai blogger teknologi, dimana Windows 7 adalah salah satu alasan yang terbai bagi Windows dalam kestabilan dan kesederhanaan UI yang mudah dipelajari. Alasannya sama saja dengan seseorang yang menyukai MacOS, namun Windows 7 memiliki memiliki kelebihan dari fungsionalitas.

Khususnya bagi seorang pekerja yang memiliki keterlibatan dengan banyak perusahan secara global. Saya sendiri pun sampai saat ini masih menggunakan Windows 7 untuk digunakan di dalam PC dan Laptop. Karena banyaknya software yang dapat berjalan lebih baik dalam versi Windows ini.

Windows 7

Kelebihan Yang Dimiliki Windows 7

  • Stabil dan Lengkap

Pastinya kita pernah mendengar keluhan kurang stabilnya Windows 10. Yang mana sangat jarang ditemui di Windows 7, karena OSnya yang stabil. Kompatibilitas dalam menggunakan software pihak ketiga terbilang cukup tinggi. Jarangnya mengakibatkan crash pada aplikasi yang dapat mengganggu peforma OS.

Tidak hanya itu saja, driver yang kompatibel di Window 7 terbilang lengkap. Dimana anda sendiri pun tidak akan merasa susah dalam menyesuaikan hardware di Windows 7. Apabila anda menggunakan hardware di bawah 2016, karena beberapa hardware produk tahun 2016 ke atas bisa digunakan untuk Windows 10.

  • Mudah Dalam Menemukan Software Kompatibel

Bagi anda yang merupakan seorang pekerja atau enterprise yang membutuhkan banyak software pendukung di dalam pekerjaan, maka Windows 7 adalah jawabannya. Yang mana dalam pembuatan software bagi perusahaan-perusahaan tidak akan melakukannya dengan cepat untuk mengupgrade sofwarenya ke versi yang lebih tinggi.

Dikhawatrikan OS baru masih belum stabil. Mengenai hal tersebut, ketika dirilisnya Windows 10, masih ada sebagian besar developer yang wait and see dalam mengembangkan software di Windows 10.

  • Lengkapnya Multimedia

Dengan adanya perkembangan yang sudah lama, maka hampir semua multimedia kompitabel untuk bisa digunakan di Windows 7. Pastinya anda pernah mengalami di Windows 10 pemutar video default, karena ada beberapa format yang tidak dapat diputar dan tidak dapat mengupdate codec.

Windows-Cleaning

Kekurangan Yang Dimiliki Windows 7

  • Mudah Terkena Virus

Malware yang saat ini menyerang secara global, seperti Wannacry dan Petya yang kebanyak menyerang di Windows 7atau versi yang lama. Tidak sekedar teknologi yang familiar untuk membuat malware, Windows 7 telah mempunyai basis pengguna yang bisa menghentikan keuntungan finasial bagi hacker atau pembuat virus.

  • Support Berakhir Tidak Lama

Meski Windows 7 dibilang support, ternyata sudah berakhir di tanggal 13 Januari 2015 silam. Intinya dari berakhir itu adalah mainstream support, yang berarti Microsoft berhenti membuat perubahan desain, fitur dan fungsi baru. serta tidak bertanggung jawab mengenai OS. Tetapi Windows 7 masih bisa memiliki support keamanan dengan masa aktif 14 Januari 2020.

Dengan adanya update kemanan, membuat OS terlindungi dari ancaman digital baru. Meski support keamanan ini berakhir, maka pilihannya adalah tinggal mengupgrade atau membeli perangkat terbaru. Hal ini, memberikan anda masih ada waktu selama tiga tahun dalam menikmati Windows 7 demi keamanan.

  • Update Menjadi Pengganggu

Ini merupakan hal yang paling menyebalkan di Windows 7 merupakan update yang besar dan menimbulkan gangguan. Dimana Microsoft selalu mengupdate dan memiliki kapasitas yang lumayan besar, sehingga membuat kuota menjadi boros.

Di Windows 10 creators Update, sudah tidak menjadi permasalahan lagi karena dengan cara mengirimkan file yang dibutuhkan untuk update. Yang kedepannya dibutuhkan lebih sedikit data untuk kepentingan update.